HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT STUDY SERTA IMPLIKASI BAGI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING (Studi Korelasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang Tahun Ajaran 2018/2019)

Main Author: PUSPITA, WULAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/7159/1/HUBUNGAN%20ANTARA%20DUKUNGAN%20SOSIAL%20DENGAN%20BURNOUT%20STUDY%20SERTA%20IMPLIKASI%20BAGI%20PROGRAM%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/7159/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan burnout study siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Serang dengan subyek 177 dari jumlah 318 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dalam menentukan sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala dukungan sosial dan burnout study yang telah di validasi oleh dosen ahli dan diolah datanya menggunakan SPSS for windows seri 25.0. Diketahui memiliki hasil dari analisis korelasi sederhana (r) didapatkan korelasi antara hubungan dukungan sosial dengan burnout study adalah –0,619 dengan signifikasi 0,000<0,05. Hal ini menunjukan bahwa terjadi hubungan antara dukungan sosial dengan burnout study. Sedangkan arah hubungan adalah negatif karena nilai r negatif yang dapat dilihat dari nilai Pearson correlations yakni negatif, berati semakin tinggi pengaruh dukungan sosial maka semakin rendah tingkat burnout study yang dialami siswa. Nilai determinasi (R square) sebesar 0,384 dapat diartikan bahwa dukungan sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 38,4% terhadap burnout study berarti masih ada 61,6% disebabkan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.