FENOMENA BERBELANJA ONLINE SHOP DI KALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNTIRTA

Main Author: AINIDEWI, NINDY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/7156/1/FENOMENA%20BERBELANJA%20ONLINE%20SHOP%20DI%20KALANGAN%20MAHASISWA%20PENDIDIKAN%20SOSIOLOGI%20UNTIRTA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/7156/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Perubahan teknologi komunikasi yang sangat cepat dan mengglobal telah memberikan perubahan secara signifikan. Jaringan sosial internet juga dapat mempengaruhi tingkat kebutuhan masyarakat terutama di kalangan mahasiswa. Perubahan lingkungan sosial dan tatanan kehidupan mahasiswa mengubah pola hidup para mahasiswa. Salah satu perubahan yang terjadi adalah cara mahasiswa yang berbelanja dengan menggunakan online shop. Online shop merupakan sarana atau toko untuk menawarkan barang dan jasa melalui internet sehingga pengunjung online shop dapat melihat barang-barang secara online. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan fenomena online shop di kalangan mahasiswa Pendidikan Sosiologi Untirta, 2) mendeskripsikan apa saja faktor pendorong yang mahasiswa Pendidikan Sosiologi Untirta berbelanja menggunakan online shop, 3) mendeskripsikan dampak positif dan negatif dalam penggunaan online shop pada mahasiwa Pendidikan Sosiologi Untirta. Metode Penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan ialah human instrumen yang dilengkapi dengan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik pengodean data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena berbelanja online shop merupakan sistem belanja baru yang telah marak digunakan dikalangan mahasiswa sebagai generasi muda yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Selain sistem belanja online yang memudahkan mahasiswa untuk berbelanja, ada faktor pendorong lain seperti, sistem penjualan online shop yang cukup praktis dan efisien, memiliki nilai ekonomis dengan harga barang yang relatif lebih murah, banyak menawarkan berbagai macam promo diskon atau gratis ongkir, penyediaan barang yang lengkap dan bervariasi. Pemilihan berbelanja online shop yang dilakukan oleh mahasiswa pendidikan sosiologi merupakan bentuk tindakan rasionalitas, hal tersebut disadari bahwa berbelanja menggunakan online shop dapat menjadi salah satu alat (mean) yang mahasiswa gunakan untuk mencapai tujuan (ends) dalam memenuhi kebutuhannya dengan berbagai dampak positif maupun negatif yang didapatkan.