STRATEGI PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL MAUK DI KECAMATAN MAUK KABUPATEN TANGERANG
Main Authors: | SAFITRI, RIZKIYA APRIANI, Yusuf, Maulana, Cadith, Juliannes |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/715/1/STRATEGI%20PENGELOLAAN%20PASAR%20TRADISIONAL%20MAUK%20DI%20KECAMATAN%20MAUK%20KABUPATEN%20TANGERANG%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/715/ http://ane.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Rizkiya Apriani Safitri. NIM 6661092626. SKRIPSI. Strategi Pengelolaan Pasar Tradisional Mauk Di Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Maulana Yusuf, M.Si, Pembimbing II Julianes Cadith S.Sos M.Si. Pasar tradisional Mauk merupakan pasar yang memiliki potensi cukup tinggi karena letaknya yang stretegis, sehingga menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja di pasar. Persaingan dengan pasar modern, kotor, kurang nyaman, dan fasilitas minim merupakan kelemahan yang dimiliki oleh pasar tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi PD Pasar Mauk dalam mengelola pasar tradisional Mauk di Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori yang didasarkan pada faktor-faktor yang mempengaruhi strategi analisis (SWOT) menurut teori Hunger. Faktorfaktor tersebut adalah Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi PD Pasar Mauk dalam pengelolaan pasar tradisional Mauk di Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang masih belum optimal. Hal tersebut dikarenakan masih kurangnya sarana infrastruktur penunjang dan lahan parkir dalam mengatasi kemacetan, masih kurangnya fasilitas bangunan pasar untuk menampung para pedagang yang berjualan di pinggiran jalan utama,kurangnya sosialisasi atau penyuluhan secara berkala kepada para pedagang. Kata Kunci: Strategi, Pengelolaan Pasar Tradisional