PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Author: ALFARABI, ALFIAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/7099/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20TWO%20STAY%20TWO%20STRAY%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20KOMUNIKASI%20MATEMATIS%20SISWA%20SEKOLAH%20MENENGAH%20PERTAMA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/7099/
Daftar Isi:
  • Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyampaikan gagasan ide dari pemikiran siswa masih kurang padahal bahasa komunikasi matematis sangat berperan penting pada pembelajaran matematika, model pembelajaran konvensional yang telah dilakukan guru disekolah belum dapat meningkatkan kemampuan matematis yang dimiliki siswa untuk mengungkapkan ide matematis. Sehubungan dengan kenyataan tersebut maka diterapkanlah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Islam El-Mizan, sedangkan pengambilan sampel secara cluster random sampling dan yang terpilih adalah siswa kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, instrument yang berupa tes uraian sebelumnya diujicobakan dulu kepada siswa untuk mencari validitas, realiabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. indikator komunikasi matematis menyatakan suatu situasi atau ide matematis ke dalam bentuk gambar menjadi indikator penalaran matematis yang paling tinggi dengan 58,4 % dari tiga indikator yang lainnya.