EFEKTIVITAS PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL SAINTIFIK MELALUI PEMANFAATAN ZINGIBERACEAE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA

Main Author: SUSANTI, EVI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/7086/1/EFEKTIVITAS%20PENERAPAN%20MODUL%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20KONTEKSTUAL%20SAINTIFIK%20MELALUI%20PEMANFAATAN%20ZINGIBERACEAE%20PADA%20MATERI%20KEANEKARAGAMAN%20HAYATI%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20KELAS%20X%20SMA.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/7086/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan modul pembelajaran keanekaragaman hayati berbasis kontekstual saintifik melalui pemanfaatan Zingiberaceae terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) lanjutan pada tahap uji coba skala terbatas serta revisi produk. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 4 SMAN 1 Petir tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, lembar penilaian afektif, lembar penilaian psikomotor, lembar angket respon siswa serta didukung oleh jurnal reflektif, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 94.44% siswa tuntas pada ran/h kognitif, 61.11% siswa tuntas pada ranah afektif, dan 72.22% siswa pada ranah psikomotor. Berdasarkan hasil angket respon siswa setelah menggunakan modul berbasis kontekstual saintifik bahwa 36.11% siswa menyatakan sangat layak, dan 63.89% siswa menyatakan layak. Maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis kontekstual saintifik yang dikembangkan efektif dan layak digunakan untuk diterapkan pada proses pembelajaran sebagai bahan ajar pada materi keanekaragaman hayati.