EFEKTIVITAS PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SUB KONSEP PTERIDOPHYTA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA
Main Author: | OETARI, FENI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/7085/1/EFEKTIVITAS%20PENERAPAN%20LEMBAR%20KERJA%20SISWA%20BERBASIS%20KONTEKSTUAL%20PADA%20SUB%20KONSEP%20PTERIDOPHYTA%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20KELAS%20X%20SMA.PDF https://eprints.untirta.ac.id/7085/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada sub konsep Pteridophyta. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) pada tahap develop skala terbatas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Pandeglang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini yaitu X-MIA 1 berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda, angket respon siswa, jurnal reflektif guru, dan lembar observasi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 75,86% siswa tuntas pada ranah kognitif. Berdasarkan respon siswa pada LKS diketahui bahwa sebanyak 34,48% siswa menyatakan sangat layak, 65,52% siswa menyatakan layak. Penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada sub konsep Pteridophyta efektif dan layak sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran.