EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL PADA SISWA SMP
Main Author: | ALAWIYAH, TUTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/7084/1/EFEKTIVITAS%20PENDEKATAN%20PROBLEM%20BASED%20LEARNING%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20REFLEKTIF%20MATEMATIS%20BERBASIS%20KARAKTER%20DAN%20BUDAYA%20LOKAL%20PADA%20SISWA%20SMP.PDF https://eprints.untirta.ac.id/7084/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis, serta kondisi akhlak/moral generasi muda yang akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan. Solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning, sedangkan untuk meningkatkan nilai karakter dan budaya lokal pada siswa salah satunya dengan menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis karakter dan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis serta sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning berbasis karakter dan budaya lokal. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu SMP Negeri di Kota Serang tahun ajaran 2018/2019 dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain Non-equivalen control group desain. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu intrumen tes dan non tes. Instrument tes yang digunakan berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir reflektif matematis sedangkan instrument non tes yang digunakan berupa angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunaka Problem Based Learning, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil dua sampel secara Random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil penelitian, didapatkan pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis lebih tinggi dari siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan ekpositori, serta pendekatan Problem Based Learning mendapatkan respon positif dari siswa kelas eksperimen.