EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MANDIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C PADA PROGRAM KESETARAAN DI PKBM PONDOK BELAJAR KOTA SERANG

Main Author: RAIHAN, RAHMI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/7081/1/EFEKTIVITAS%20METODE%20PEMBELAJARAN%20MANDIRI%20DALAM%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK%20PAKET%20C%20PADA%20PROGRAM%20KESETARAAN%20DI%20PKBM%20PONDOK%20BELAJAR%20KOTA%20SERANG.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/7081/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Belajar mandiri yaitu sistem pembelajaran pada program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Pondok Belajar Kota Serang yang dilakukan secara individu atau kelompok setelah pembelajaran ceramah atau tatap muka. Proses pembelajaran kurang efektif jika hanya menggunakan metode ceramah saja, maka dilakukan metode belajar mandiri setelah metode ceramah. Kegiatan belajar mandiri tutor lebih sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan atau supervisi dalam berlangsungnya pembelajaran. Peserta didik diperbolehkan untuk belajar bersama teman atau berdiskusi bersama teman bahkan tutor serta sumber belajar lainnya seperti internet untuk memecahkan kesulitan yang di hadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode belajar mandiri paket C pada program kesetaraan di PKBM Pondok Belajar Kota Serang, untuk mengetahui efektivitas metode belajar mandiri dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik paket C pada program kesetaraan di PKBM Pondok Belajar Kota Serang, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode belajar mandiri pada program kesetaraan di PKBM Pondok Belajar Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian yaitu seorang pengelola, dua orang tutor dan empat orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penerapan metode belajar mandiri paket C pada program kesetaraan di PKBM Pondok Belajar Kota Serang dapat berjalan dengan cukup baik dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tahap pengawasan pembelajaran. (2) Efektivitas Metode Belajar Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik sudah berjalan dengan cukup efektif dilihat dari pencapaian input, mutu ketuntasan belajar, dan manfaat belajar. Pencapaian input dalam pembelajaran yaitu kesiapan peserta didik mengikuti pembelajaran sudah cukup baik, segi kesiapan tutor sudah baik untuk melakukan proses pembelajaran. Mutu ketuntasan belajar mengenai metode belajar mandiri dapat dilihat dari hasil tes pretest dan posttest pada salah satu mata pelajaran yaitu matematika bentuk akar, bahwa nilai penguasaan materi peserta didik dari hasil pretest setelah dirata-rata berada ditingkat tidak efektif, sedangkan hasil nilai posttest dirata-rata berada ditingkat cukup efektif. Hasil tes tersebut diketahui bahwa adanya peningkatan dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan kemampuan tersebut maka dapat sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk mampu hidup mandiri dan siap untuk memasuki dunia kerja karena sudah bertambahnya pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki sikap percaya diri ketika peserta didik menjawab pertanyaan dan bertanggung jawab. (3) Faktor pendukung dan penghambat terhadap pembelajaran kesetaraan paket C di PKBM Pondok Belajar Kota Serang. Faktor pendukung yaitu kondisi fisik peserta didik yang baik, tutor yang kompeten, sarana prasarana yang cukup memadai, lingkungan yang nyaman, lokasi strategis, pendanaan ringan. Sedangkan faktor penghambat yaitu kehadiran peserta didik yang sangat rendah, motivasi belajar peserta didik kurang, dan kurangnya dorongan dari keluarga. Dengan demikian penulis memberikan saran yaitu pengelola atau tutor hendaknya mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan lebih sering agar peserta didik dapat mengetahui pentingnya pendidikan dalam kehidupan, dan tutor sebaiknya lebih sering memberikan tes supaya lebih banyak berlatih mengerjakan soal-soal untuk mengukur kemampuan diri sendirinya.