Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z

Main Authors: Fadhilah, Fadhilah, Saputra, Galih Ginanjar
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Faculty of Economics and Business Mulawarman University, Indonesia , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/6920/1/Pengaruh%20Content%20Marketing%20dan%20E-WoM%20pada%20Media%20Sosial%20TikTok%20terhadap%20Keputusan%20Pembelian%20Generasi%20Z.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/6920/
https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI
http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v17i3.9570
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat menjadikan media sosial sebagai salah satu media yang sangat berpengaruh dalam proses keputusan pembelian pada konsumen, khususnya bagi para konsumen muda. Terlebih lagi pada era pandemi Covid-19 saat ini, berbagai kebijakan yang diterapkan pemerintah guna meminimalisir penyebaran virus sangat memicu perubahan masyarakat dalam menggunakan internet. Salah satu media sosial yang sedang populer di masa pandemi ini yaitu Tiktok, dimana sebagian besar penggunanya adalah remaja atau generasi Z. Perkembangan ini menjadikan banyak perusahaan mulai melirik Tiktok sebagai platform untuk alat pemasarannya namun tentunya para pelaku bisnis harus mengetahui karakteristik dari Tiktok dan juga para penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Content Marketingdan E-WoM pada media sosial Tiktok terhadap keputusan pembelian generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan Content Marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Sumbangan Efektif (SE) yaitu sebesar 19,71% dan Sumbangan Relatif (SR) yaitu sebesar 50,40%, E-WoM berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Sumbangan Efektif (SE) yaitu sebesar 19,36% dan Sumbangan Relatif (SR) yaitu sebesar 49,51%, secara simultan Content Marketingdan E-WoMpada media sosial Tiktok berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Generasi Z dengan besarnya pengaruh yaitu sebesar 39,1%. Kata Kunci: Content marketing; electronic word of mouth; keputusan pembelian; generasi z