REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN L-MEN (Analisis Semiotik Roland Barthes pada iklan L-Men Versi Kenny Auzti)
Main Authors: | Nahdar, Bagas Agung, Jaiz, Muhammad, Nurjuman, Husnan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/689/1/REPRESENTASI%20MASKULINITAS%20DALAM%20IKLAN%20L-MEN%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/689/ http://kom.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Bagas Agung Nahdar. NIM. 6662110710. Skripsi. Representasi Maskulinitas Dalam Iklan L-Men (Analisis Semiotik Roland Barthes Pada Iklan L-Men Versi Kenny Auztin) Berkembangnya industri dan komersialisasi terhadap iklan di Indonesia memberi dampak pada produksi iklan yang kadang sengaja mengkesampingkan etika beriklan. Dalam iklan berbau gender, penyebaran feminitas telah lama dilakukan. Dalam perkembangannya, nilai maskulinitas merupakan nilai yang kini marak diangkat menjadi ide sebuah iklan. Media telah berperan aktif dalam mengekspresikan langsung realitas social tentang laki-laki. Maskulinitas juga dirasa memiliki kelebihan untuk menaikan penjualan suatu produk.Pada penelitian ini, paradigma yang digunakan penulis mengacu pada paradigma konstruktivisme, paradigma ini memandang realitas kehidupan sosial bukanlah realitas yang natural, tetapi terbentuk dari hasil konstruksi. Paradigma konstruktivisme dapat menentukan bagaimana peristiwa atau realitas tersebut dikonstrusi, dengan cara apa konstruksi itu dibentuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Dan pada akhirnya nilai maskulinitas akan terus berkembang seiring perkembangan zaman seperti yang diungkapkan oleh Beynon diatas. Mitos maskulinitas yang terjadi pada saat ini adalah terjadinya pergeseran maskulinitas tradisional (tahun 80-an), menjadi maskulinitas yang baru atau metroseksual (tahun 2000-an) yang tidak hanya mementingkan kekuatan, bertenaga, dan bernyali namun juga memperhatikan penampilan, kebersihan tubuhnya. Representasi maskulinitas dalam iklan L-Men versi Kenny Auztin ini menggambarkan maskulinitas seperti yang ada ditengah masyarakat sekarang yang menitik beratkan maskulinitas pada kekuatan otot, tubuh yang atletis namun dibalut dengan penampilan yang baik dan bersih.