TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA JURNALISTIK TENTANG PENULISAN BERITA DI MEDIA CETAK
Main Authors: | Gunawan, Andrianto, Widyaningtyas, Mia Dwiana, Praceka, Puspita Asri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/686/1/SKRIPSI_ANDRI%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/686/ http://kom.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- ANDRIANTO GUNAWAN. 082077. TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA JURNALISTIK TENTANG PENULISAN BERITA DI MEDIA CETAK. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa. Banten. 2014 Penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa jurnalistik tentang penulisan berita di media cetak. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pemahaman mahasiswa jurnalistik tentang penulisan berita. Tujuan penelitian yakni ingin menjelaskan tingkat pemahaman tentang jenis berita, unsur berita, kontruksi berita dan bahasa jurnalistik. Teori yang digunakan adalah teori Model kemungkinan elaborasi yang termasuk dalam perubahan sikap yang terjadi dalam diri seseorang ini dikembangkan oleh ahli psiokologi sosial Richard Petty dan John Cacioppo telah menjadi teori persuasi paling populer dewasa ini. Terdapat dua cara yang dikenal dengan istilah rute sentral (central route) merupakan elaborasi atau pemikiran kritis dan rute periferal (peripheral route) merupakan kecendurungan kognitif dimana penerimaan/penolakan suatu pesan lebih ditekankan pada kredibilitas pengirim informasi, reaksi lingkungan, atau terpengaruh oleh faktor-faktor lain di luar argumentasi (atribusi eksternal). Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang hanya menggambarkan situasi, peristiwa atau fenomena yang terjadi. Penelitian ini menggunakan total sampling dengan metode survey, yaitu terhadap 52 mahasiswa jurnalistik yang aktif kuliah pada semester ganjil tahun 2013-2014. Proses pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Untuk pengolahan data, peneliti menggunakan aplikasi statistik SPSS dengan submenu frequencies dan descriptives, disertai grafiknya. Hasil penelitian ini menjelaskan tingkat pemahaman mahasiswa akan jenis berita sangat tinggi (81,1%) pada tingkat pemahaman akan unsur berita sangat tinggi (81,7%), kemudian tinggi (71%) pada tingkat pemahaman akan konstruksi berita, dan tinggi (69,2%) pada tingkat pemahaman akan bahasa jurnalistik. Kata Kunci : Pemahaman, Penulisan Berita, Media Cetak