TRENDING TOPIC TWITTER DALAM MENENTUKAN AGENDA PEMBERITAAN DI MEDIA KONVENSIONAL (Studi Kasus terhadap Pemberitaan di Kompas TV Periode Oktober-Desember 2015)
Main Authors: | Damaris, Yosephina, Sihabudin, Ahmad, Praceka, Puspita Asri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/680/1/TRENDING%20TOPIC%20TWITTER%20DALAM%20MENENTUKAN%20AGENDA%20PEMBERITAAN%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/680/ http://kom.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Yosephina Damaris. NIM. 6662100384. Skripsi. Trending Topic Twitter dalam Menentukan Agenda Pemberitaan di Media Konvensional. Pembimbing I: Prof. Dr. HA. Sihabudin, M.Si dan Pembimbing II: Puspita Asri Praceka, S.Sos. M.Ikom. Twitter telah menjadi kekuatan baru dalam penyampai pesan yang efektif. Keberadaannya dimanfaatkan oleh media massa sebagai salah satu sumber informasi, khususnya untuk melihat trending topic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Kompas TV terhadap trending topic Twitter serta memahami bagaimana trending topic Twitter menentukan agenda pemberitaan di Kompas TV. Teori yang digunakan adalah Teori Agenda Setting (McCombs & Shaw, 1972), dengan berfokus pada ketiga proposisinya, yakni agenda media, agenda publik, dan isu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode dekriptif. Selain observasi dan studi dokumentasi, peneliti mengumpulkan data dengan melakukan wawancara terhadap empat orang informan, yang merupakan bagian dari redaksi Kompas TV. Mereka adalah manajer pemberitaan, multimedia, periset, serta reporter Kompas TV. Kompas TV memandang apa yang terjadi di Twitter sebagai sesuatu yang menarik dan penting untuk diperhatikan. Selain bermanfaat dan menghibur, menonjolnya suatu isu juga menjadi kriteria penting dalam penentuan agenda pemberitaan di Kompas TV. Namun, yang harus ditekankan di sini adalah soal verifikasi. Isu di media sosial belum bisa disebut berita selama tidak ada proses redaksional atau konfirmasi dari media massa. Disiplin verifikasi perlu dilakukan sebelum suatu berita akhirnya tayang dan dijadikan sebagai agenda pemberitaan di Kompas TV. Kata Kunci: agenda setting, media sosial, twitter, trending topic, berita, kompas tv.