ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KOTA SERANG BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO
Main Author: | Adella, Adella |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/6782/1/ANALISIS%20KESALAHAN%20SISWA%20DALAM%20MENYELESAIKAN%20SOAL-SOAL%20HIGH%20ORDER%20THINKING%20SKILL%20%28HOTS%29%20PADA%20SISWA%20KELAS%20VIII%20SMPN%201%20KOTA%20SERANG%20BERDASARKAN%20TAKSONOMI%20SOLO.pdf https://eprints.untirta.ac.id/6782/ http://fkip.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan tingkat kemampuan dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal High Order Thinking Skill (HOTS) pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII berdasarkan taksonomi SOLO. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen tes soal-soal HOTS dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Serang yang dipilih 1 orang yang mewakili setiap tingkatan taksonomi SOLO untuk dijadikan responden pada tahap wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Serang dalam menjawab soal HOTS berada pada tingkat unistructural, multistructural, dan relational. Pada tingkat unistructural, siswa cenderung melakukan kesalahan dalam membuat rencana, kesalahan dalam konsep, dan kesalahan dalam perhitungan. Pada tingkat multistructural cenderung melakukan kesalahan dalam melaksanakan dan menyelesaikan rencana, kesalahan dalam perhitungan, dan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Pada tingkat relational tidak ditemukan kesalahan dalam penyelesaian masalah, tetapi siswa hanya tidak menuliskan kesimpulan di akhir jawaban. Presentase dari masing-masing tingkatan berturut-turut adalah 38,9% berada pada tingkat unistructural, 47,2% pada tingkat multistructural, 13,9% pada tingkat relational.