KAMPANYE LITERASI MEDIA KPID BANTEN “BANTEN CINTA SILAT” DALAM MEMBUAT MASYARAKAT MELEK MEDIA
Main Authors: | Achmad, Vicky, Widyaningtyas, Mia Dwiana, Praceka, Puspita Asri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/649/1/KAMPANYE%20LITERASI%20MEDIA%20KPID%20BANTEN%20-BANTEN%20CINTA%20SILAT-DALAM%20MEMBUAT%20MASYARAKAT%20MELEK%20MEDIA%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/649/ http://kom.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Vicky Achmad. NIM. 051381. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Jurnalistik, Skripsi. Kampanye Literasi Media KPID Banten “Banten Cinta Silat” Dalam Membuat Masyarakat Melek Media. Kata Kunci : Literasi Media, Kampanye KPID Banten, Masyarakat Banten Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang kampanye literasi media oleh KPID Banten kepada lembaga penyiaran dan masyarakat berkaitan dengan pengetahuan literasi media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses Kampanye Banten Cinta Silat mengenai proses perencanaan, pelaksanaan, kekuatan dan bentuk visualisasi kampanye kepada lembaga penyiaran dan masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kampanye Ostergaard dari Leon Ostergaard. Penelitian ini merupakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti hanya memaparkan situasi atau peristiwa. Peneliti berusaha memahami alur kegiatan kampanye yang dilakukan KPID Banten untuk membuat lembaga penyiaran dan masyarakat menjadi paham akan pentingnya literasi media. Penelitian ini secara deskriptif menerangkan bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan dan kekuatan kampanye oleh KPID kepada target sasarannya. Data penelitian ini didapatkan berdasarkan observasi, wawancara, dokumentasi mengenai kampanye dan proses keberlangsungan kampanye. Data yang didapatkan peneliti dari key informant yaitu penggagas kegiatan kampanye yaitu Ketua KPID Banten dan informan pendukung adalah Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran ditambah dengan pemerhati penyiaran dan dosen pemerhati fenomena penyiaran. Hasil penelitian ini yaitu, Kampanye literasi media telah dijalankan sesuai rencana, namun pelaksanaan evaluasinya tidak berjalan dengan semestinya, karena belum ada perubahan signifikan yang ditunjukkan baik dari lembaga penyiaran, masyarakat atau KPID Banten sebagai pelaksana kegiatan kampanye.