IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN SISWA MISKIN SEKOLAH DASAR (BSM-SD) DI UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN LABUAN KABUPATEN PANDEGLANG
Main Authors: | SUPRIYATNA, SRIDA, Handayani, Riny, Cadith, Juliannes |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/643/1/Implementasi%20Program%20Bantuan%20Siswa%20Miskin%20Sekolah%20Dasar%20%28BSM-SD%29%20Di%20UPT%20Dinas%20Pendidikan%20Kecamatan%20Labuan%20Kabupate-BO7GCBP8%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/643/ http://ane.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Srida Supriatna. NIM.083071. Implementasi Program Bantuan Siswa Miskin Sekolah Dasar (BSM-SD) Di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Riny Handayani, S.Si, M.Si,Pembimbing II Julianes Cadith, M.Si. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan Publik, BSM-SD Salah satu rendahnya partisipasi pendidikan khususnya pada kelompok miskin adalah tingginya biaya pendidikan baik biaya langsung maupun tidak langsung. Biaya langsung antara lain iuran sekolah, buku, seragam, dan alat tulis, sementara biaya tidak langsung antara lain biaya transportasi, kursus, uang saku . Salah satu kebijakan untuk membantu masyarakat miskin dibidang pendidikan adalah program beasiswa bagi siswa miskin atau yang lebih dikenal sebagi Bantuan Siswa Miskin (BSM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui impelementasi program Bantuan Siswa Miskin Sekolah Dasar (BSM-SD) di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatifdengan teknik deskriptif, dimana yang menjadi polulasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa yang mendapatkan bantuan dalam Program Bantuan Siswa Miskin Sekolah Dasar (BSM-SD) di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang yang berjumlah 2125 orang. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5 persen, maka sampel yang diperoleh adalah 96. Instrumen dalam penelitian ini diperoleh dari teori Edaward III yang memuat 4 indikator yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Teori Edward III digunakan karena dianggap paling tepat untuk menjawab rumusan masalah yang ada. Dalam mengumpulkan data dengan cara angket/kuesioner, observasi, studi literature dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability sampling dengan tipe Proportional Random Sampling. Untuk menganalis data menggunakan uji t (test) satu sampel dengan uji pihak kanan. Hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa tingkat Implementasi Program Bantuan Siswa Miskin Sekolah Dasar (BSM-SD) Di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang telah berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel(5.795 > 1.664), maka pelaksanaan program BSM-SD diperoleh sebesar 64.75 persen melebihi angka yang penulis hipotesiskan yaitu sebesar 60 persen.