PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK ONLINE TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (Studi Pada Pusat Data dan Informasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang)

Main Authors: Nawawis, Wawis, Sjafari, Agus, Yulianti, Rina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/61/1/SKRIPSI_Wawis_Nawawis.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/61/
Daftar Isi:
  • Wawis Nawawis, NIM 040844, Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Online terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Pusat Data dan Informasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang). Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayas, Serang 2010. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan. Fokus penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Online terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Pusdainfo Untirta Serang). Dengan rumusan masalahnya yaitu seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan administrasi akademik online terhadap kepuasan mahasiswa pada Pusdainfo Untirta, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ketidakpuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi akademik online oleh Pusdainfo Untirta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan administrasi akademik online terhadap kepuasan mahasiswa pada Pusdainfo Untirta, serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi ketidakpuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi akademik online oleh Pusdainfo Untirta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Untirta sebanyak 9.436 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan penyebaran angket. Teknik sampling menggunakan teknik probability sampling dengan tipe Cluster Sampling. Untuk menganalisa data menggunakan metode korelasi product moment. Berdasarkan skor yang di dapat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan administrasi akademik online terhadap kepuasan mahasiswa, dengan koefisien korelasi yang didapat sebesar 0,707 yang termasuk pada kategori kuat dengan taraf kesalahan 5%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan administrasi akademik online memberikan kontribusi sebesar 49,90% terhadap kepuasan mahasiswa, sedangkan sisanya sebesar 50,10% ditentukan oleh faktor lain.