HUBUNGAN PEMBERITAAN BATU AKIK DI MEDIA ONLINE OKEZONE.COM DENGAN PENGETAHUAN MAHASISWA FISIP UNTIRTA

Main Authors: Nida, Muhamad, Nursih, Isti, Restu, Uliviana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/599/1/HUBUNGAN%20PEMBERITAAN%20BATU%20AKIK%20DI%20MEDIA%20ONLINE%20OKEZONE.COM%20DENGAN%20PENGETAHUAN%20MAHASISWA%20FISIP%20UNT%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/599/
http://kom.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Muhamad Nida, NIM 6662103179. Skripsi. Hubungan Pemberitaan Batu Akik Di Media Online Okezone.com Dengan Pengetahuan Mahasiswa Fisip Untirta. Pembimbing I Isti Nursih, S.Ip., M.Si., dan Pembimbing II Uliviana Restu H, S.Sos., M.I.Kom. Gejala memakai perhiasan yang dihiasi batu akik sedang marak di kalangan masyarakat luas dan juga kaum muda. Berita batu akik merupakan berita mengenai informasi yang menambah pengetahuan baik dari segi harga, manfaat, macam – macam bahkan fakta unik dari batu akik. Pemberitaan ini merupakan pengaruh dari pemberitaan media terhadap khalayak yang pada umumnya dapat menambah pengetahuan dan memberi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberitaan batu akik di media online okezone.com dengan pengetahuan mahasiswa FISIP Untirta 2013. Dalam teori Uses and Gratification dimana ketika mahasiswa ingin memenuhi kebutuhan akan pengetahuannya mereka akan aktif menggunakan media untuk memenuhi pengetahuannya. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah asosiatif. Karena tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel lain. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP Untirta 2013 yang berjumlah 292 orang. Hubungan variabel X dengan variabel Y dikategorikan sedang dengan angka sebesar 0,519 yang berarti bahwa hubungan antara kedua variabel bernilai Sedang. Nilai persentase hubungan adalah sebesar 26,93% dan sisanya 73,07% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai thitung (5.151) > ttabel (1,666), maka hipotesis penelitian terbukti, terdapat ada hubungan antara terpaan pemberitaan batu akik di media online dengan tingkat pengetahuan mahasiswa FISIP Untirta. Kata kunci : Batu Akik, Pemberitaan, Uses and Gratification