KUALITAS PELAYANAN PENGGUNA KARTU JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RSUD dr. DRADJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN SERANG

Main Authors: PUTRI, INDRI DWI, Nugroho, Kandung Sapto, Fuad, Anis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/584/1/KUALITAS%20PELAYANAN%20PENGGUNA%20KARTU%20JAMINAN%20KESEHATAN%20NASIONAL%20%28JKN%29%20DI%20RSUD%20dr.%20DRADJAT%20PRAWIRANEGARA%20KABUPATEN%20SERANG%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/584/
http://ane.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • INDRI DWI PUTRI, NIM. 6661112168. Kualitas pelayanan Pengguna Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang. Program studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Kandung Sapto Nugroho, S.Sos, M.Si. Pembimbing II Anis Fuad S.Sos, M.Si. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, SERVQUAL, Kartu Jaminan Kesehatan Nasional Penelitian ini membahas mengenai kualitas pelayanan pengguna kartu jaminan kesehatan nasional (JKN) di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kualitas pelayanan pengguna kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD dr. dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang ditiinjau dari dimensi Tangibles, Responsiveness, Assurance, Empathy, Reliability . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner, kuesioner disebar kepada 170 responden. Responden dari penelitian ini adalah pasien yang berobat menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Service Quality (SERVQUAL). Untuk pengolahan dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t-test, dan uji pihak kanan. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara yang berobat menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional sudah baik. Hal itu dapat dilihat dari nilai thitung lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel (15,7 > 0,159) yang didukung dengan hasil pencapaian skor 72% dari angka minimal 60%. Jadi kesimpulannya adalah kualitas pelayanan pengguna kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang sudah baik. Saran dari peneliti indikator responsiveness dapat ditingkatkan lagi.