KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN KOPERASI KOTA CILEGON BULAN AGUSTUS – DESEMBER TAHUN 2009
Main Authors: | Wahyuni, Diyan, Supriadi, Oman, Wicaksono, Kristian Widya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/58/1/SKRIPSI_DIYAN_WAHYUNI_061499.pdf http://eprints.untirta.ac.id/58/ |
Daftar Isi:
- Diyan Wahyuni. NIM. 061499. Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon Kata Kunci: Kepuasan Warga Negara, Kualitas Pelayanan dan Pelayanan Publik. Dalam penelitian ini membahas mengenai pelayanan administratif yang komponennya adalah pembuatan surat izin usaha perdagangan (SIUP) pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon. Dimana pelayanan ini masih dirasakan berbelit-belit, lamban, fasilitas yang disediakan masih belum maksimal serta memerlukan biaya yang besar dan waktu yang cukup lama. Untuk itu, saya selaku peneliti tertarik untuk meneliti mengenai Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah mengukur Kualitas Pelayanan pembuatan surat izin usaha perdagangan (SIUP) di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon yang ditinjau dari dimensi Reability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangibles. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah survey dengan metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Kuesioner disebarkan kepada 74 responden para pembuat surat izin usaha perdagangan (SIUP) atau responden yang telah merasakan pelayanan pembuatan surat izin usaha perdagangan (SIUP) di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon. Teknik analisis data yang digunakan adalah Item-by-item Analysis, Dimension-by-dimension Analysis dan Two-Dimensional Differencing Plane. Hasil penelitian tentang Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antara Persepsi dengan Ekspektasi Responden atas pelayanan pembuatan surat izin usaha perdagangan (SIUP) yang diselenggarakan oleh pegawai Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon. Skor SERVQUAL untuk masing-masing dimensi diantaranya Reliability (-3,14), Responsiveness (-2,75), Assurance (-2,8), Emphaty (-2,72) dan Tangibles (-3). Oleh karenanya, Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon tidak memuaskan bagi Responden.