KINERJA PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI DINAS SUMBER DAYA AIR DAN PEMUKIMAN PROVINSI BANTEN
Main Authors: | PRATIWI, FENI RIZKI, Listyaningsih, Listyaningsih, Nugroho, Kandung Sapto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/563/1/KINERJA%20PELAYANAN%20INFORMASI%20PUBLIK%20DI%20DINAS%20SUMBER%20DAYA%20AIR%20DAN%20PEMUKIMAN%20PROVINSI%20BANTEN%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/563/ http://ane.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- FENI RIZKI PRATIWI. NIM. 6661103431. Skripsi. Kinerja Pelayanan Informasi Publik di Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman Provinsi Banten. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Listyaningsih, M.Si., Pembimbing II Kandung Sapto Nugroho, M.Si. Pelayanan informasi publik di Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman (SDAP) Provinsi Banten merupakan sarana bagi warga Banten untuk mengetahui program kerja di dinas. Namun dalam menjalankan fungsinya masih ada kekurangan dan permasalahan yang dihadapi, seperti kurang tanggapnya petugas dalam menjalankan tugas pokok sebagai penyimpan data dan pemberi informasi, saling lempar tanggungjawab antara PPID Pembantu dengan PPID Utama dan penunjukan petugas PPID Pembantu tidak didasarkan pada kemampuan dan daya tanggap petugas tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelayanan informasi publik di PPID Dinas SDAP Provinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan PPID Dinas SDAP Provinsi Banten adalah sebagai objek yang diteliti. Peneliti menggunakan teknik sampling jenuh yaitu sebanyak 58 sampel pemohon informasi pada periode 2013. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner, wawancara tidak terstruktur, observasi, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Dari hasil yang didapat, kinerja pelayanan informasi publik di Dinas SDAP Provinsi Banten tidak berjalan dengan optimal. Ada beberapa hal yang harus dibenahi yaitu memperbaiki kinerja pelayan peningkatan kualitas sumber daya manusia, perbaikan sarana dan prasarana serta pola koordinasi yang baik harus dibangun antara PPID Pembantu dengan petugasnya. Kata Kunci: Kinerja, Pelayanan Publik, Dinas Sumber Daya Air Dan Pemukiman Provinsi Banten