STRATEGI DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN DAN KOPERASI BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KOTA TANGERANG MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL
Main Authors: | Pusvita, Pusvita, Supriadi, Oman, Yusuf, Maulana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/561/1/2.%20STRATEGI%20DINAS%20PERINDUSTRIAN%2C%20PERDAGANGAN%20DAN%20KOPERASI%20BAGI%20USAHA%20MIKRO%20KECIL%20DAN%20MENENGAH%20%28UM%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/561/ http://ane.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Diana Pusvita. NIM. 6661110605 2015. Skripsi. Strategi Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Tangerang Menghadapi Persaingan Global. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Drs. Oman Supriyadi, M.Si. Pembimbing II Maulana Yusuf, M.Si. Fokus penelitian ini adalah Strategi Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Tangerang Menghadapi Persaingan Global. Masalah yang diidentifikasi oleh peneliti dalam penelitian ini diantaranya adalah modal usaha pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Tangerang masih rendah, kurangnya promosi produk-produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Tangerang, pemberdayaan yang dilakukan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Tangerang belum optimal. Penelitian ini menggunakan teori J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen dalam manajemen strategis 2003: Pengamatan Lingkungan, Perumusan Strategi, Implementasi Strategi, dan Evaluasi dan Pengendalian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Tangerang Menghadapi Persaingan Global sudah baik, namun masih perlu pembenahan dalam berbagai aspek. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: tidak adanya pusat oleh-oleh Kota Tangerang produksi UMKM sebagai wadah promosi dan publikasi kepada masyarakat dan pendatang baik nasional maupun mancanegara, kurangnya sumber daya manusia yang ada di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi. Kata Kunci: Strategi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah iii