MOTIF DAN KEPUASAN PEMIRSA TELEVISI PADA PROGRAM INFOTAINMENT INSERT DAN INTENS
Main Authors: | Wulansari, Nikken, Widyaningtyas, Mia Dwiana, Praceka, Puspita Asri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/554/1/MOTIF%20DAN%20KEPUASAN%20PEMIRSA%20TELEVISI%20PADA%20PROGRAM%20INFOTAINMENT%20INSERT%20DAN%20INTENS%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/554/ http://kom.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Nikken Wulansari. 6662090416. SKRIPSI. Motif dan Kepuasan Pemirsa Televisi Pada Program Infotainment Insert dan Intens . Pembimbing I: Mia Dwianna, S.Sos, M.Ikom. Pembimbing II: Puspita Asri Praceka, S.Sos, M.I.kom.. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Motif adalah suatu dorongan atau perilaku untuk memenuhi kebutuhannya. Motif mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan. Program infotainment seperti Insert dan Intens menjadi program yang paling banyak ditonton pemirsa televisi di Indonesia. Dibandingkan dengan program yang lainnya, kedua program infotainment ini memiliki jumlah pemirsa paling tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif dan kepuasan apa saja yang dicari oleh khalayak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification dimana khalayak menggunakan media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Jika kebutuhan terpenuhi, kepuasan dalam menggunakan media terpenuhi sehingga media yang mampu memenuhi kebutuhan khalayak disebut media yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penyebaran kuesioner yang dilakukan pada 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam populasi menggunakan cluster area sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan motif menonton Insert sebesar 67,46% sedangkan motif menonton Intens sebesar 67,82%. Untuk hasil penelitian kepuasan pemirsa Insert yaitu 64,54% dan Intens 64,2%. Insert unggul dalam hal hiburan sedangan Intens unggul dalam hal memberikan wawasan yang luas. Kata kunci : Intens, Insert, Kepuasan, Motif