Pengaruh Program Corporate Social Responsibility (CSR) DONOR DARAH dalam Membangun Citra PT. KMK Global Sports

Main Authors: Fauziah, Mirna, Nurprapti, Nurprapti, Burhanudin, Burhanudin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/552/1/PENGARUH%20PROGRAM%20%20CORPORATE%20SOCIAL%20RESPONSIBILITY%20%28CSR%29%20DONOR%20DARAH%20%20DALAM%20MEMBANGUN%20CITRA%20PT.%20KM%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/552/
http://kom.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Mirna Fauziah, 091996. Pengaruh Program Corporate Social Responsibility (CSR) DONOR DARAH dalam Membangun Citra PT. KMK Global Sports. Perusahaan melaksanakan program Corporate Social Responsibility donor darah ini selain untuk membangun kepedulian terhadap sesama, juga untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Karena selama perusahaan berjalan, masyarakat sekitar kurang dilibatkan dalam kegiatan sosial perusahaan. Beberapa kali perusahaan mengadakan program CSR, namun kurang berhasil dalam mengubah pandangaan masyarakat terhadap perusahaan. Maka dari itu PT. KMK GALOBAL Sports memiliki ide untuk membuat program CSR Donor Darah yang dalam acaranya diisi dengan pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian sembako dan droorprize. Melalui program CSR ini, perusahaan mengharapkan masyarakat dapat merubah opini, sikap, bahkan perilaku kepada perusahaan menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program CSR terhadap citra PT. KMK Global Sports. Penelitian ini menggunakan teori SOR dari Skinner. Teori ini adalah menelaah efek yang ditimbulkan merupakan reaksi khusus, sehingga seorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi yang akan timbul. Penelitian ini mengembangkan perubahan pandangan masyarakat melalui beberapa aktivitas CSR dan proses pembentukan citra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat di Desa Pasir Jaya yang berjumlah 132 orang. Sementara sampel yang diambil sebanyak 99 orang, dengan menggunakan teknik simple random sampling, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner. Hasil olah data SPSS v22.0 tentang variabel CSR (x), membuktikan bahwa sebanyak 75,30% masyarakat Desa Pasir Jaya setuju dengan adanya program ini. Untuk variabel citra, hasil olah data menunujukkan bahwa 75,29% masyarakat memiliki pandangan positif terhadap perusahaan. Dan pengaruh dari program CSR donor darah terhadap citra, hasil olah data koefesien determinasi menunjukkan 59,2% spengaruh yang diberikan oleh variabel x terhadap variabel y. Penulis juga banyak menggunakan bahan-bahan yang di dapat selama kuliah, internet dan buku-buku yang terdapat di perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Kata kunci : Corporate Social Responsibility, S-O-R, aktivitas CSR, proses pembentukan citra