STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NURUL FIKRI SERANG DALAM MENDAPATKAN SISWA

Main Authors: PERMANA, AGUNG, Winangsih, Rahmi, Prasetya, Teguh Iman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/542/1/STRATEGI%20MARKEITNG%20PUBLIC%20RELATIONS%20LEMBAGA%20BIMBINGAN%20BELAJAR%20NURUL%20FIKRI%20SERANG%20DALAM%20MENDAPATKAN%20SISWA%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/542/
http://kom.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • AGUNG PERMANA. 6662110959. Skripsi.Strategi Marketing Public Relations Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Serang dalam Mendapatkan siswa (Penelitian Kualitatif pada siswa Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Serang). Skripsi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang 2015. Lembaga bimbingan belajar merupakan sarana non formal yang sudah cukup lama eksis dan bertahan hingga saat ini di dunia pendidikan. Tanpa siswa yang menggunakan jasa mereka di lembaga bimbingan belajar, maka lembaga bimbingan belajar tidak dapat bertahan dan beroperasional setiap harinya. Khususnva pada lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri Kota Serang. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui strategi marketing public relations yang digunakan lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri Serang dalam mendapatkan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan beberapa langkah, yaitu: pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam mendapatkan siswa lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri menggunakan Three Ways Strategy yakni pull strategy, dengan Product Publicity untuk membuat siswa tertarik menggunakan jasa bimbingan belajar di Nurul Fikri, push strategy dengan adanya special event, trade support, dan sponsorship untuk mendorong rasa ketertarikan tersebut menjadi keinginan untuk mengikuti proses belajarnya. Terakhir, adalah pass strategy dengan public service untuk menciptakan opini publik yang positif dari masyarakat termasuk siswa dan orang tua. Penelitian ini menemukan bahwa lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri Kota Serang menggunakan pull strategy dengan cara mengirimkan company profile kepada pihak yang ingin bekerja sama seperti sekolah-sekolah, dan brosur kepada calon siswanya, kemudian push strategy dengan memberikan kelebihan dan konsep belajar yang ada pada bimbingan belajar Nurul Fikri tersebut. Dan pass strategy membuat opini publik dengan pelayanan, fasilitas dan memberikan pendoman islaminya kepada siswa-siswanya. Kata Kunci: Marketing Public Relations, Siswa Nurul Fikri, three ways strategy