Realitas Film Jokowi Sebagai Media Kampanye Politik (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)
Main Authors: | Andriana, Rangga, Widyaningtyas, Mia Dwiana, Praceka, Puspita Asri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/530/1/%286662103145%29%20Rangga%20Andriana%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/530/ http://kom.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Rangga Andriana. NIM. 6662103245. Skripsi. Realitas Film Jokowi Sebagai Media Kampanye Politik (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Pembimbing I: Mia Dwianna, S.Sos, M.Ikom dan Pembimbing II: Puspita Asri Praceka, S.Sos, M.Ikom Film mempunyai kemampuan untuk memberikan tekanan kepada masyarakat dan juga pemerintah mengenai sebuah realitas yang saat itu diangkat oleh sutradara. Film Jokowi adalah penggambaran realitas perjalanan hidup ketika Joko Widodo kecil hingga dewasa, namun peneliti melihat bahwa film ini juga digunakan sebagai media kampanye politik Jokowi. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana tanda, objek, interpretant dan realitas film Jokowi sebagai media kampanye politik. Penelitian ini menggunakan paradigm interpretif dan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan metode yang digunakan dalam menafsirkan makna adalah metode analisis semiotika model tiga unsur makna Charles Sanders Peirce yaitu Sign/tanda, objek, dan intrepetant. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tidak langsung yaitu mengamati Film Jokowi dan melakukan wawancara kepada informan untuk menguatkan hasil interpretasi data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa fenomena dalam film ini mempunyai makna sign, objek dan intrepetant yang saling berhubungan satu sama lain dalam proses konstruksi realitas dalam film Jokowi. Selain itu fenomena Realitas film ini termasuk kedalam kegiatan kampanye politik, karena film tersebut membangun citra yang ingin ditanamkan dalam alam bawah sadar masyarakat menaruh simpati dan berprilaku sebagaimana yang diharapkan dalam kegiatan politik yaitu mendukung Jokowi. Film ini muncul bukan sebagai refleksi dari tokoh dan apresiasi dalam kehidupan seorang tokoh politik, tetapi film ini sengaja didesain sebagai media kampanye politik. Kata Kunci: Realitas, Film, Semiotika, Peirce, Kampanye Politik, Interpretif