Kurikulum Tanggap Bencana bagi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling
Main Authors: | Warih Handoyo, Alfiandy, Afiati, Evi, Yunika Khairun, Deasy |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/5275/1/56-110-1-SM.pdf https://eprints.untirta.ac.id/5275/ http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/56 |
Daftar Isi:
- Bencana alam dapat menimbulkan banyak dampak. Salah satu dampak yang paling ditakutkan dari bencana alam adalah trauma. Trauma apabila tidak mendapat penanganan yang tepat dapat berdampak massif dan berkelanjutan. Sekolah perlu membekali para peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan menghdapi situasi kebencanaan. Bimbingan dan konseling memegang peran kunci dalam upaya menyiapkan dan mengangani dampak kebencanaan pada peserta didik. Para calon guru bimbingan dan konseling harus dibekali dengan pengetahuan dan keteampilan penanganan kebencanaan agar saat bertugas mampu memberikan layanan terbaik dan optimal khususnya saat menghadapi situasi kebencanaan. Penelitian dilakukan dengan metode kajian literatur. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui urgensi kurikulum tanggap bencana beserta kompetensi yang diperlukan bagi mahasiswa bimbingan dan konseling. Hasil kajian menunjukkan bahwa para calon guru bimbingan dan konseling secara umum telah mendapatkan pengetahuan, hanya kurang tegas dalam mengimplementasikan pengetahuan terkait penanganan kebencanaan pada peserta didik.