PERAN PENGELOLAAN ANGGARAN PEMERINTAH DALAM PEMUDARANKESENJANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Main Authors: Ginanjar, Rah Adi Fahmi, Suci, Stannia Cahaya, Zahara, Vadilla Mutia, Anwar, Cep Jandi, Suhendra, Indra
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Bina Bangsa , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/5182/1/PERAN%20PENGELOLAAN%20ANGGARAN%20PEMERINTAH%20DALAM%20PEMUDARAN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/5182/
http://ncabet.conferences-binabangsa.org/index.php/home/article/view/21
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran penerimaan dan belanja pemerintah daerah pada proses dispersi kesenjangan hasil pendidikan di Indonesia dengan pengamatan pada seluruh daerah selama satu dekade, 2010-2019. Hasil analisis dengan pendekatan konvergensi sigma ditemukan bahwa telah terjadi proses dispersi kesenjangan indeks pendidikan antar daerah. Kemudian hal ini dipertegas oleh hasil analisis dengan pendekatan konvergensi beta dengan menggunakan model System-GMM bahwa konvergensi telah terjadi namun akselerasinya relatif lambat. Hal ini merupakan konsekuensi dari peran pengelolaan anggaran pemerintah yang belum optimal karena dari sisi penerimaan pemerintah daerah yang diwakili oleh indikator dari dana perimbangan, ditemukan bahwa Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) telah memberikan pengaruh negatif secara signifikan terhadap konvergensi indeks pendidikan. Kemudian dari sisi belanjanya ditemukan bahwa Belanja Langsung sudah memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap konvergensinya, sedangkan Belanja Tidak Langsung tidak signifikan. Dengan demikian, temuan ini membuka peluang bagi indeks pendidikan untuk menjadi dimensi tersendiri dalam menentukan dana dana perimbangan guna percepatan konvergensi hasil pendidikan di Indonesia. Kata kunci: kesenjangan regional, outcome pendidikan, desentralisasi fiskal, keuangan daerah, model GMM.