PERSEPSI SISWA-SISWI TENTANG IKLAN SOSIS SO NICE VERSI S.M.S “SEMUA MAKAN SO NICE” (Studi Kasus di SDN Serang 13)

Main Authors: ZATNIKA, GANJAR EGIS, Jaiz, Muhammad, Fitriyah, Neka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/517/1/PERSEPSI%20SISWA-SISWI%20TENTANG%20IKLAN%20SOSIS%20SO%20NICE%20VERSI%20S.M.S%20%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/517/
http://kom.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • GANJAR EGIS ZATNIKA, PERSEPSI SISWA-SISWI TENTANG IKLAN SOSIS SO NICE VERSI S.M.S “SEMUA MAKAN SO NICE” (Studi Kasus di SDN Serang 13). Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2014 Persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis saat ini menuntut setiap produsen untuk semakin kreatif dalam memasarkan produknya. Disinilah peran periklanan sebagai salah satu teknik komunikasi massa yang digunakan untuk menyampaikan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen (si pemasang iklan). Iklan yang disajikan di televisi dianggap mampu mempengaruhi persepsi masyarakat terutama anak terhadap suatu produk yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan secara psikologis, anak sangat sensitif terhadap pengaruh dari luar. Oleh karena itu dalam penelitian ini diteliti persepsi Siswa SDN 13 Kota Serang tentang Iklan Sosis So Nice Versi SMS (Semua Makan So Nice) dalam dimensi pengetahuan, sikap dan minat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persepsi siswa-siswi SDN 13 Kota Serang dalam dimensi pengetahuan, sikap dan minat tentang sosis so nice. Menurut Lavidge dan Gary Steiner, ada enam tahap yang harus dilalui dalam proses komunikasi sebelum orang menerima hierarki. Di mulai dari tahap awareness, knowladge, liking, preverence, conviction sampai pada tahap akhir purchase. Dalam hal ini penelitian yang dilakukan merupakan suatu studi deskripsi analitis dengan menggunakan metode penelitian survey. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Adapun jumlah responden dalam penelitian ini adalah berjumlah 90 orang siswa kelas VI SDN 13 Kota Serang. Pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah mean yang digunakan untuk mengetahui rata-rata data yang bersangkutan. Berdasarkan hasil pengolahan data untuk dimensi pengetahuan didapatkan nilai rata-rata 350,4 yang berada pada range skor tinggi, sikap dengan nilai rata-rata 330,57 yang berada pada range skor tinggi dan minat dengan nilai 294,4. berada pada range skor cukup. Oleh karena dari hasil penelitian di temukan dimensi minat hanya mendapatkan nilai cukup, maka disarankan bagi perusahaan untuk lebih meningkatkan isi dan muatan dari iklan Sosis So Nice sehingga minat konsumen terhadap produk bisa lebih ditingkatkan.