PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
Main Author: | HIDAYATULLAH, ARIF |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/4998/1/PENERAPAN%20PENDEKATAN%20OPEN-ENDED%20DENGAN%20STRATEGI.pdf https://eprints.untirta.ac.id/4998/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematissiswa SMP, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, salah satunya ialah pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajarn kooperatif tipe think pair share (tps). Penelitian ini bertujuan untukmengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkanpembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps)lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps)lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1Tirtayasa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel diambil dua kelas dari enam kelas yang ada, yakni kelas VIII-Fsebagai kelas ekperimen dankelas VIII-Esebagai kelas kontrol.Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis.Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.