KUALITAS LAYANAN POS KELILING DI KOTA CILEGON

Main Authors: Putra, Yendi Permana, Supriadi, Oman, Rahmawati, Rahmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/47/1/SKRIPSI_-_yendi_permana_putra.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/47/
Daftar Isi:
  • Yendi Permana Putra. NIM. 6661072755. Skripsi. Kualitas Layanan Pos Keliling di Kota Cilegon. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2011 Kata Kunci : Kualitas Layanan, Pos Keliling Peningkatan kualitas layanan dalam bidang jasa semakin mendapat perhatian, salah satunya dari layanan yang dilakukan oleh pihak PT. Pos Indonesia. Sekarang ini, dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan jasa dan pengiriman barang menyebabkan PT. Pos Indonesia mendirikan layanan pos keliling sebagai sarana tambahan untuk melayani kebutuhan pelanggan. Pos keliling merupakan layanan penyedia jasa dari PT. Pos Indonesia yang bergerak di suatu tempat tertentu dalam kota secara tetap dan teratur dengan menggunakan mobil. Pos keliling bergerak dalam bidang pelayanan jasa dan pengiriman barang. Pos keliling di Kota Cilegon terdapat di dua tempat yaitu pos keliling 1 dikomplek Ruko PCI (Pondok Cilegon Indah) dan pos keliling 2 didepan Bank BCA cilegon. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengukur kualitas layanan Pos Keliling di Kota Cilegon. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan pos keliling di Kota Cilegon. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Kualitas layanan pos keliling di Kota Cilegon masih kurang baik atau ≤ 60% dari yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan layanan pos keliling 1 dan pos keliling 2 yang ada di Kota Cilegon dan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara. Kemudian mengedarkan angket kualitas pelayanan terhadap sampel sebanyak seratus (100) responden di pos keliling 1 dan seratus (100) responden di pos keliling 2, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pengujian data menggunakan uji hipotesis t-test. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah tingkat kualitas layanan Pos Keliling di Kota Cilegon menunjukan nilai sebesar 81%, sehingga dapat diketahui bahwa kualitas layanan Pos Keliling di Kota Cilegon tergolong dalam kategori sangat baik. Karena pos keliling mampu menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan dan pelanggan merasa terbantu dengan layanan tersebut.