PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Serang)

Main Author: Yulistiana, Hana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/4070/1/penerapan%20pendekatan%20problem%20based%20learning%20PBL%20dengan%20menggunakan%20metode%20peer%20teaching%20.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/4070/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hana Yulistiana, 2225092269, Penerapan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2013. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP, karena pada kenyataannya di sekolah masih banyak siswa yang mendapat nilai rendah pada pelajaran matematika, sehingga dibutuhkan alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa salah satunya adalah pendekatan PBL dengan metode peer teaching. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan PBL dengan metode peer teaching lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan PBL dengan metode peer teaching lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Serang semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel siswa kelas VII H sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII I sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan PBL dengan metode peer teaching lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan PBL dengan metode peer teaching lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Kata kunci : Pendekatan PBL dengan metode peer teaching, kemampuan pemecahan masalah matematis.