PENERAPAN TEKNIK SCAFFOLDING DENGAN MODEL KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP
Main Author: | MAFTUHATIR ROHMAH, SILVI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/3825/1/PENERAPAN%20TEKNIK%20SCAFFOLDING%20DENGAN%20MODEL%20KOOPERATIF%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20PEMECAHAN%20MASALAH%20MATEMATIS%20DAN%20KEMANDIRIAN%20BELAJAR%20SISWA%20SMP.PDF https://eprints.untirta.ac.id/3825/ |
Daftar Isi:
- SILVI MAFTUHATIR ROHMAH. Penerapan Teknik Scaffolding dengan Model Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Skripsi. Serang: Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2014. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar disalah satu SMP di kota Serang yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Sebagai solusinya diterapkanlah pembelajaran menggunakan teknik scaffolding dengan model kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan teknik scaffolding dengan model kooperatif lebih baik dari pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Serang semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian teknik cluster random sampling. Sampel diambil dua kelas dari seluruh kelas yang ada, satu kelas dijadikan sebagai kelas ekperimen yaitu kelas yang pembelajarannya menggunakan teknik scaffolding dengan model kooperatifdan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yaitu menggunakanpembelajaran kooperatif. Hasil penelitian dari uji statistik deskriptif dan inferensial memberikan kesimpulan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan teknik scaffolding dengan model kooperatif lebihbaik dibandingkan kelas kontrol yang mendapat pembelajaran kooperatif.