SURVEI TINGKAT KEPUASAN PENDENGAR RADIO HOT FM (Studi Deskriptif Terhadap Pendengar Radio Hot Fm Tahun 2015)

Main Authors: Wicaksono, Hari, Fitriyah, Neka, Burhanudin, Burhanudin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/382/1/ANE%20-%20SURVEI%20TINGKAT%20KEPUASAN%20PENDENGAR%20RADIO%20HOT%20FM.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/382/
http://kom.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Hari Wicaksono. Nim. 6662110850. Skripsi. Survei Tingkat Kepuasan Pendengar Radio Hot Fm. Pembimbing I: Neka Fitriyah, S.Sos., M.Si dan Pembimbing II: Burhanudin M, SE., M.Si Radio merupakan media komunikasi massa periodik yang memiliki kemampuan menjangkau khalayak yang luas dalam waktu bersamaan, seperti halnya stasiun radio Hot FM. Di samping itu, radio harganya relatif murah sehingga khalayak banyak yang memilikinya. Pendengar radio semakin selektif memilih program siaran radio. Karena keselektifan para pendengar radio, jumlah pendengar radio yang semakin berkurang, serta kurangnya minat pendengar dalam mendengarkan radio menjadi permasalahan para stasiun radio. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pendengar radio Hot FM. Penelitian ini bertitik tolak dari Uses and Gratification model. Model ini memusatkan perhatian pada penggunaan media (uses) utuk mendapatkan kepuasan (gratification) atau kebutuhan seseorang. Model ini tidak tertarik kepada apa yang dilakukan media pada diri seseorang, tetapi ia tertarik pada apa yang dilakukan orang terhadap media. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei, dengan menggunakan teknik simple random sampling di mana peneliti mengumpulkan informasi dari 56 responden dengan menyebarkan kuesioner pada pendengar radio Hot FM. Penelitian menunjukkan hasil responden sudah mengetahui program siaran radio Hot FM yang terdiri dari program informasi dan hiburan, pendapat responden mengenai Radio Hot FM di Serang adalah positif, kepuasan pendengar radio Hot Fm atas kebutuhan informasi terhadap program radio Hot FM sebesar 82,51% tergolong sangat kuat atau dinyatakan sangat puas, dan respon Pendengar Radio terhadap Program Radio Hot FM di Serang adalah positif. Tidak luput dari semuanya, penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memberikan sumbangan pemikiran, serta dapat bermanfaat untuk pengembangan studi ilmu komunikasi. Kata Kunci : Radio Hot Fm, Kepuasan, Uses and Gratification