EVALUASI PROGRAM SERTIFIKASI GURU DI KOTA CILEGON
Main Authors: | Mulyani, Ade, Yusuf, Maulana, Arenawati, Arenawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/38/1/SKRIPSI_ADE_MULYANI-2.pdf http://eprints.untirta.ac.id/38/ |
Daftar Isi:
- Ade Mulyani, 6661080370, Evaluasi Program Sertifikasi Guru di Kota Cilegon, Konsentrasi Kebijakan Publik, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2012. Pembimbing I : Maulana Yusuf, M.Si, Pembimbing II : Arenawati, M.Si. Kata kunci : Program Sertifikasi Guru Fokus penelitian ini adalah evaluasi Program Sertifikasi Guru. Dengan rumusan masalahnya yaitu sejauhmanakah pelaksanaan program sertifikasi guru di Kota Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program sertifikasi guru di Kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah guru yang sudah disertifikasi di Kota Cilegon hingga Tahun 2011. Jumlah sampel 95 guru dari populasi sebanyak 1.810 guru. Instrumen dalam penelitian ini diperoleh dari teori Howlet dan Ramesh yang memuat 3 indikator. Dalam mengumpulkan data yaitu dengan studi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik sampling menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk menganalisa data menggunakan uji hipotesis t-test satu sampel. Hasil penelitian menunjukan evaluasi program sertifikasi guru di Kota Cilegon berhasil, karena t hitung lebih besar dari pada t tabel (13,66 > 1,289) dan menunjukan Evaluasi Program Sertifikasi Guru di Kota Cilegon sudah mencapai angka 78% dari angka minimal 70% yang diharapkan. Dalam hal tersebut kondisi administratif, judisial dan politik sudah berjalan cukup baik. sehingga peneliti memberikan saran agar pemerintah memberikan beasiswa jenjang S-1 atau D-IV kepada guru berkinerja baik, menilai kinerja guru secara intensif dan valid, mengkaji ulang portofolio, meningkatkan kualitas, kuantitas serta memfasilitasi kegiatan pendidikan, pelatihan, dan forum ilmiah.