PENGARUH EFEKTIFITAS WEBSITE TRAVELOKA TERHADAP KEPUASAN KEBUTUHAN INFORMASI HARGA PROMOSI TIKET PESAWAT (Studi pada Mahasiswa FISIP Untirta)
Main Authors: | Widiyaningsih, Anita, Winangsih, Rahmi, Prasetya, Teguh Iman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/378/1/KOM%20-%20SKRIPSI%20ANITA%20WIDIYANINGSIH.pdf http://eprints.untirta.ac.id/378/ http://kom.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Anita Widiyaningsih. NIM. 6662110771. Skripsi. Pengaruh Efektivitas Website Traveloka Terhadap Kepuasan Kebutuhan Informasi Harga Promosi Tiket Pesawat. Pembimbing I Dr. Rahmi Winangsih, M.Si dan Pembimbing II Teguh Iman P.,M.Si. Traveloka adalah sebuah perusahaan reservasi tiket pesawat dimana pengguna dapat melakukan pemesanan pada situs Traveloka.com. Traveloka menggunakan konsep pemasaran berbasis online melalui website sebagai sarana mengkomunikasikan produk-produk perusahaan kepada publiknya. Semakin baik efektivitas website Traveloka tersebut diharapkan mampu menambah kepuasan kebutuhan konsumen akan informasi harga promosi tiket pesawat. Efektifitas ini merupakan komunikasi yang prosesnya mencapai tujuan yang direncanakan untuk memuaskan pihak lain. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar efektifitas website Traveloka terhadap kepuasan kebutuhan informasi harga tiket promosi pesawat. Individual Differences Theory digunakan untuk menggambarkan kepuasan kebutuhan informasi sebagai sebuah perbedaan-perbedaan di antara individu-individu sebagai sasaran media massa ketika mereka diterpa media massa sehingga menimbulkan efek tertentu. Jenis penelitian bersifat eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survey, dimana peneliti menyebarkan kuesioner pada 91 responden mahasiswa FISIP Untirta. Dari perhitungan Efektifitas website Traveloka sebesar 74,85% di kategorikan tinggi dan kepuasan kebutuhan informasi sebesar 75,91% di kategorikan tinggi. Analisis korelasi, antara variabel efektifitas website dengan variabel kepuasan kebutuhan informasi memiliki hubungan yang cukup kuat dan positif sebesar 0,534. Setelah dilakukan uji regresi linier sederhana dihasilkan persamaan Y = Y = 13.881 + 0,475 X dengan hasil koefisien determinasi sebesar 28,51% yang menandakan bahwa kepuasan kebutuhan informasi harga promosi tiket pesawat yang positif dipengaruhi oleh efektivitas website traveloka sementara sisanya sebesar 71,39% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa efektivitas website traveloka yang baik, memberikan dampak yang positif pada kepuasan kebutuhan informasi harga promosi tiket pesawat. Kata Kunci : Efektifitas Website. Kepuasan Kebutuhan Informasi. Traveloka