IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 2 Cilegon)

Main Author: Sektiwulan, Adelia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/3756/1/IMPLEMENTASI%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20CONNECTED%20MATHEMATICS%20PROJECT%20%28CMP%29%20DENGAN%20PENDEKATAN%20SCIENTIFIC%20TERHADAP%20PENINGKATAN%20KEM~2.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/3756/
http://fkip.untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematik siswa terutama pada siswa SMP, sehingga penelitian ini dilakukan di kelas VIII dan bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dan pendekatan scientific dengan siswa yang hanya mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific. Digunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project dengan pendekatan scientific untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah adalah nonequivalent Control Group Design. Sampel yang diambil dua kelas. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan non tes. Instrumen tes berupasoal uraian tes kemampuan komunikasi matematik sebanyak 4 soal pada pretest dan posttest serta instrumen non tes berupa lembar observasi. Analisis data kemampuan dan peningkatan kemampuan komunikasi menggunakan uji Mann Whitney, pada analisis kemampuan komunikasi matematik diperoleh nilai zhitung = 3,30 > ztabel = 1,645 makaH0 ditolak, sedangkan analisi peningkatan kemampuan komunikasi matematik diperoleh zhitung = 3,35 > ztabel = 1,645 maka H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan dan penigkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project dengan pendekatan Scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Scientific. Kata Kunci: Connected Mathematics Project, Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa, dan Pendekatan Scientific