KUALITAS PELAYANAN TRANSJAKARTA BUSWAY DI DKI JAKARTA
Main Authors: | Jati, Tri Tunggal, Apip, Abdul, Cadith, Juliannes |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/336/1/Tri%20Tunggal%20Jati%206661091673.pdf http://eprints.untirta.ac.id/336/ http://ane.fisip-untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Tri Tunggal Jati, NIM 091673. Kualitas Pelayanan Transjakarta Busway di DKI Jakarta, program studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang 2014. Pembimbing I Dr. Abdul Apip, M.Pd. Pembimbing II Juliannes Cadith, S.IP M.Si. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, SERVQUAL, Transjakarta Busway Penelitian ini membahas mengenai kualitas pelayanan transjakarta busway di DKI Jakarta. Dimana dalam melayani penumpang masih terdapat kendala-kendala yang membuat penumpang kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan. Seperti masih buruknya armada fisik yang digunakan, tidak sterilnya jalur bus yang dilalui, masih terjadinya tindak pidana pencurian dan pelecehan seksual, serta jarak kedatangan bus yang tidak stabil. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauhmana kualitas pelayanan Transjakarta Busway di DKI Jakarta ditinjau dari dimensi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Data didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner, kuesioner disebar kepada 204 responden. Responden dari penelitian ini adalah pengguna jasa layanan Transjakarta Busway di DKI Jakarta. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Service Quality (SERVQUAL). Hasil dari penelitian ini adalah penumpang kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak Transjakarta Busway. Hal itu dapat dilihat dari skor SERVQUAL pada kelima dimensi yaitu dimensi Tangibles yang mempunyai skor SERVQUAL sebesar (-1,58), dimensi Reliability (-1,62), dimensi Responsivess (-1,53), dimensi Assurance (-1,23), dan dimensi Emphaty (-1,25). Saran yang dapat peneliti berikan adalah memperbaiki sarana dan prasarana yang ada, menstabilkan Headway, meningkatkan keamanan di dalam bus dan di dalam shelter, mensterilkan jalur bus yang digunakan oleh armada bus Transjakarta Busway, dan membuat Standar Pelayanan Minimal (SPM).