PENGARUH FUNGSI KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NASYRUL ULUM KABUPATEN PANDEGLANG

Main Authors: Faturochman, Andri, Waseh, Hasuri, Arenawati, Arenawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/316/1/COVER..pdf
http://eprints.untirta.ac.id/316/2/Pernyataan%20Orisinlitas%20dan%20Abstrak.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/316/
http://ane.fisip-untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Andri Faturochman. NIM. 6661083011. Skripsi Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Di SMK Nasyrul Ulum Kabupaten Pandeglang. Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Hasuri, S.E, M.Si (Pembimbing 1 ). Arenawati, S.Sos, M.Si (Pembimbing 2) Kata Kunci : Kepemimpinan, Kinerja, Guru Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah-masalah pada kinerja guru di SMK Nasyrul Ulum Pandeglang yang ditandai dengan kurangnya disiplin pegawai, pencapaian nilai ujian Nasional yang belum optimal, dan kurangnya keaktifan guru dalam menghadiri rapat kerja, seperti pada rapat Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS), sehingga menimbulkan misskomunikasi dan kurangnya kerjasama antara pimpinan dan guru dalam merumuskan program kerja. Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi kepemimpinan di SMK Nasyrul Ulum Kabupaten Pandeglang, mengetahu kinerja guru, dan mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru di sekolah tersebut. Dalam penelitian ini metod yang digunakan yaitu metode penelitian survey. Instrument yang digunakan yaitu quessioner. Populasinya adalah guru di SMK Nasyrul Ulum sebanyak 33 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan mengenai peranan kepemimpinan di SMK nasyrul ulum dapat disimpulkan bahwa fungsi kepemimpinan di SMK Nasyrul Ulum Pandeglang cukup baik, yaitu sebesar 74,66%. Dan kinerja guru di SMK nasyrul Ulum Pandeglang cukup baik, yaitu sebesar 74,28%.Sedangkan berdasarkan hasil penelitian melalui perhitungan statistika mengenai pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru diperoleh nilai r = 0,799 yang tergolong pada interval koefisien antara 0,60 – 0,799. Artinya hubungan antara kepemimpinan dan kinerja guru di SMK Nasyrul Ulum tergolong kuat. Sedangkan nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,638. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan terhadap kinerja guru sebesar 63,8%. Dan sisanya sebesar 36,2% dipengaruhi oleh faktor yang lain, seperti latar belakang pendidikan guru, motivasi mengajar, kompetensi pribadi guru dan lain sebagainya.