Strategi Komunikasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sentra Usahatama Jaya (Studi Program Pengobatan Masal Warga Lingkungan Lijajar, Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Cilegon-Banten)
Main Authors: | Yakti, Anglia Puspita, Mukhroman, Iman, Prasetya, Teguh Iman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/312/1/KELENGKAPAN.pdf http://eprints.untirta.ac.id/312/2/lembar%20pengesahan.pdf http://eprints.untirta.ac.id/312/3/SKRIPSI%20LIA.pdf http://eprints.untirta.ac.id/312/4/LAMPIRAN.pdf http://eprints.untirta.ac.id/312/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Anglia Puspita Yakti. NIM. 6662092189 “Strategi Komunikasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sentra Usahatama Jaya (Studi Program Pengobatan Masal Warga Lingkungan Lijajar, Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Cilegon-Banten)” Penerapan strategi komunikasi yang efektif sangat penting bagi keberhasilan program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT Sentra Usahatama Jaya pada kegiatan pengobatan masal di lingkungan Lijajar, Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Oleh karena itu, masalahnya yang diteliti adalah bagaimana strategi komunikasi dalam program (CSR) PT Sentra Usahatama Jaya pada kegiatan pengobatan masal warga lingkungan Lijajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang meliputi komunikator menyampaikan pesan, isi pesan, pola komunikasi, media, dan efek dari program (CSR) PT Sentra Usahatama Jaya pada kegiatan pengobatan masal warga lingkungan Lijajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan khususnya pada makna dari suatu peristiwa yang diamati dan informasi yang diperoleh tentang strategi komuniksasi dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sentra Usahatama Jaya pada pengobatan masal masyarakat lingkungan Lijajar. Penelitian ini menggunakan teori manajemen hubungan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi komunikasi program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sentra Usahatama Jaya pada kegiatan pengobatan masal warga lingkungan Lijajar, Kecamatan Ciwandan komunikator menyampaikan pesan secara jelas; isi pesan yang sistematis, menarik, dan sesuai dengan kepentingan masyarakat sehingga masyarakat lingkungan Lijajar berminat, berhasrat, dan berkeputusan mengikuti atau melakukan program kegiatan tersebut; menggunaan pola komunikasi seperti pola informatif, pola persuasif, pola kolaboratif, pola simpatik, dan pola empatik; media yang luwes dan bervariasi; sehingga memberikan output yang baik berupa respon positif, hasil kegiatan yang cukup memuaskan, dan penilaian masyarakat yang baik. Dengan demikian strategi komuniaksi program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sentra Usahatama Jaya pada kegiatan pengobatan masal warga lingkungan Lijajar, Kecamatan Ciwandan dapat dinilai efektif. Kata-kata kunci: metode deskriptif, pendekatan kualitatif, strategi komunikasi, teori manajement hubungan, CSR, pola, pesan, media, dan efek.