KEGIATAN CUSTOMER RELATIONS PERUM PEGADAIAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Kantor Perum Pegadaian Cabang Cipocok Jaya Serang)

Main Authors: Sudrajat, Edi, Mukhroman, Iman, Fitriyah, Neka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/304/1/SKRIPSI%20KOM%20-%20EDI%20SUDRAJAT%20-%202013.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/304/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Edi Sudrajat. Strategi Customer Relations pada Kantor Cabang Pembantu Cipocok Jaya Serang (Dibimbing oleh Iman Mukhroman, S.Sos.,M.Si dan Neka Fitriyah,S.Sos.,M.Si). Perkembangan dunia usaha seperti jasa pegadaian semakin hari cenderung meningkat. Peningkatan ini tentunya harus dibarengi oleh layanan hubungan pelanggan yang baik dan sinergis. Untuk itu, customer relations memegang peran penting dalam pelayanan publik bagi para pelanggan dan konsumennya. Untuk itulah penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana Kegiatan customer relations pada Kantor Cabang Pembantu Cipocok Jaya Serang, dengan memfokuskan pada Kegiatan consumer information dan strategi complain handling pada Kantor Capem Cipocok Jaya Serang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik wawancara dan observasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 1 (satu) orang wakil dari pimpinan, 1 (satu) orang wakil dari karyawan yang menangani customer relations dan 3 (tiga) orang wakil dari konsumen atau pelanggan. Hasil Analisis penelitian dengan menggunakan teori pengorganisasian dan didukung oleh model komunikasi two way symetrical serta transaksional memperilhatkan bahwa dalam konteks hubungan timbal balik antara bagian yang menangani customer relations (customer service) dengan konsumen dan pelanggan bisa dikatakan cukup baik, komunikasi, interaksi di antara mereka sudah mengarah pada satu proses transaksional, yang memungkinkan terjadi kesamaan bidang pengalaman dan pengertian di antara mereka tersebut. Kata Kunci : customer relations, consumer information, complain handling, pelanggan/konsumen.