Pola Komunikasi Lintas Budaya Pedagang Etnis Tionghoa dalam Bertransaksi dengan Pembeli Pribumi di Toko Bandung
Main Authors: | Annas, Wahyu, Dimyati, Idi, Nursih, Isti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/280/1/Skripsi%20KOM%20-%20WAHYU%20ANNAS%20-%202012.pdf http://eprints.untirta.ac.id/280/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Wahyu Annas, NIM 6662081156 / 2012. Pola Komunikasi Lintas Budaya Pedagang Etnis Tionghoa dalam Bertransaksi dengan Pembeli Pribumi di Toko Bandung. Penelitian ini mengambil tema mengenai komunikasi lintas budaya dalam transaksi jual beli perbedaan budaya. Budaya merupakan hasil karya dari manusia dengan bagaimana mereka hidup di dalam kelompok budayanya. Setiap manusia pasti memiliki budaya, budaya memiliki peranan yang sangat penting dalam bagaimana cara manusia hidup sehari-hari. Etnis Tionghoa merupakan etnis yang sudah lama menetap di Indonesia, mereka hidup merantau sejak ribuan tahun yang lalu dan mereka menetap di Indonesia kemudian mereka beradaptasi dengan budaya Indonesia. Akan tetapi dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya mereka tidak pernah melepas kebudayaan asli mereka yang dibawanya dari leluhurnya. Nilai-nilai budaya inilah yang diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Termasuk dalam berdagang. Dalam menjalankan bisnis usaha tersebut mereka mempraktekkan nilai-nilai budaya mereka dalam bertranskasi dengan pembeli. Apa yang mereka percayai sebagai suatu usaha yang baik maka akan dilakukan ketika bertransaksi jual beli dengan pembeli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan hasil temuan selama melakukan penelitian dengan melakukan observasi dan wawancara data diperoleh dari penjual etnis Tionghoa di Toko Bandung. Perbedaan budaya antara penjual etnis Tionghoa dengan pembeli pribumi akan membentuk pola komunikasi, juga komunikasi verbal dan non-verbal juga akan terjadi suatu hambatan dalam perbedaan budaya ini. Dari hasil penelitian ini akan mendapatkan nilai budaya yang di praktekkan dalam transaksi jual beli sehingga membentuk pola dengan komunikasi verbal juga non-verbal dan adanya hambatan dalam komunikasi lintas budaya ini sehingga ada upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mengurangi adanya hambatan ini.