PENGARUH PEMBERIAN SOAL OPEN-ENDED DAN SOAL CERITA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Main Author: Samrotul Inayah, Ana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/2726/1/PENGARUH%20PEMBERIAN%20SOAL%20OPEN-ENDED%20DAN%20SOAL%20CERITA%20PADA%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20PROBLEM%20BASED%20LEARNING%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KREATIF%20MATEMATIS%20SISWA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/2726/
Daftar Isi:
  • Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian soal Open-Ended dan Soal Cerita pada model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian menggunakan metode Rancangan Percobaan (Rancob) dengan menggunakan desain penelitian Rancangan Acak Kelompok (RAK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Cihara tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh dua kelas eksperimen. Metode penelitian ini melibatkan dua kelas eksperimen dengan dua perlakuan yakni pemberian soal Open-Ended dan soal cerita dan pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Desain penelitiannya terdapat dua tahap pembelajaran, pada tahap pembelajaran pertama kelas eksperimen I mendapat soal Open-Ended sedangkan kelas eksperimen 2 mendapat soal cerita, dan pada tahap pembelajaran kedua kelas eksperimen I mendapat soal cerita sedangkan kelas eksperimen II mendapat soal Open-Ended. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Pemberian soal Open-Ended dan soal cerita pada model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Namun, diantara keduanya yang lebih memberikan pengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah dengan pemberian soal Open-Ended pada model Problem Based Learning.