PENGARUH MEDIA INTRANET “XL KNOWLEDGE” TERHADAP PEMENUHAN INFORMASI KARYAWAN PT. XL AXIATA TBK. CABANG BSD-SERPONG
Main Authors: | Handayani, Novianti Dwi, Mukhroman, Iman, Setyorini, Deviani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/244/1/Skripsi%20Prodi%20KOM%20-%20Novianti%20Dwi%20Handayani%20-%202011.pdf http://eprints.untirta.ac.id/244/ http://ane.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- PENGARUH MEDIA INTRANET “XL KNOWLEDGE” TERHADAP PEMENUHAN INFORMASI KARYAWAN PT. XL AXIATA TBK. CABANG BSD - SERPONG Oleh: Novianti Dwi Handayani 061585 Xiii Halaman Awal + 115 Halaman Isi (I-V); 43 Tabel; 14 Lampiran; 20 Buku Acuan (1997-2009) Peranan terhadap pemenuhan informasi bagi karyawan PT. XL Axiata Tbk. menduduki posisi sangat penting. Tanpa adanya pemenuhan informasi seputar perusahaan, maka tidak akan mungkin karyawan dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Kendala yang sering terjadi pada perusahaan XL adalah terhambatnya komunikasi yang terjalin dari karyawan kepada pihak manajemen. Oleh karena itu, perusahaan menciptakan media internal yaitu media intranet “XL knowledge”. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Teori Uses and Gratification sebagai dasar peneliti. Teori ini menyatakan interaksi individu dengan media dapat dipahami melalui pemanfaatan media oleh individu tersebut (uses) dan kepuasan yang diperoleh (gratifications). Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. XL Axiata Tbk. Cabang BSD – Serpong yang berjumlah 35 orang dengan menggunakan Nonprobabilty Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas serta melakukan analisis korelasi & regresi. Berdasarkan hasil analisis korelasi yang dilakukan peneliti antara variabel X dan Y pada penelitian ini memiliki tingkat hubungan sedang. Berdasarkan hasil uji pengaruh pada analisa regresi, didapatkan bahwa media intranet “XL Knowledge” pengaruh sebesar 76.3% terhadap pemenuhan informasi karyawan XL. Dari hasil uji signifikansi yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa variabel X memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel Y, karena hasil thitung > ttabel. thitung pada penelitian ini adalah 6.2 sedangkan ttabel 0.344. Sehingga dapat di tarik kesimpulan bahwa Ho di tolak dan Hi di terima.