ANALISIS STRATEGI PEMASARAN OBJEK WISATA DANAU TASIKARDI OLEH DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SERANG

Main Authors: Farhanudin, Evan, Syarbini, Asnawi, Haris, Deden M.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/236/1/Skripsi%20ANE%20-%20Evan%20Farhanudin%20-%202012.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/236/
http://ane.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Evan Farhanudin/072836/Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Administrasi Negara/Universitas Sultan Ageng Tirtayasa/Analisis Strategi Pemasaran Objek Wisata Danau Tasikardi oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Serang/dibawah bimbingan Dr. H. Asnawi Syarbini, MPA dan Deden M Haris, M. Si. Kata Kunci: Strategi Pemasaran Penelitian ini dilatar belakangi bagaimana strategi pemasaran objek wisata Danau Tasikardi yang dilakukan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Serang dimana dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatan dalam memasarkan objek wisata Danau Tasikardi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran objek wisata Danau Tasikardi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Serang serta untuk mengetahui faktor penghambat dalam melakukan strategi pemasaran pada objek wisata Danau Tasikardi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif. Instrumen atau alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini informan atau sumber penelitian yang menurut peneliti dianggap lebih mengetahui mengenai strategi pemasaran objek wisata Danau Tasikardi diantaranya Kepala Bidang pemasaran dan Kemitraan Usaha Jasa Pariwisata, Kepala Seksi Promosi Pariwisata, Kepala Seksi Kemitraan Usaha Jasa Pariwisata, Salah satu staf pada Bidang Pemasaran, pihak pengelola Danau Tasikardi, Penjaga Parkir, Pedagang, wisatawan dan masyarakat. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi, Adapun untuk pengujian keabsahan datanya, pada penelitian ini peneliti melakukan dengan dua cara, yaitu triangulasi dan membercheck. Penelitian ini meneliti tentang strategi maka peneliti menggunakan pendekatan Analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan mengenai strategi pemasaran objek wisata Danau Tasikardi oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Serang maka peneliti menyimpulkan bahwa strategi pemasaran objek wisata Danau Tasikardi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Serang masih belum dilaksanakan dengan baik. ABSTRAC