INTENSI WISATAWAN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK PANGAN LOKAL DI KAWASAN WISATA ANYER-BANTEN
Main Author: | FAIZAH, NUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/2289/1/INTENSI%20WISATAWAN%20TERHADAP%20PEMBELIAN%20PRODUK%20PANGAN%20LOKAL%20DI%20KAWASAN%20WISATA%20ANYER-BANTEN.PDF https://eprints.untirta.ac.id/2289/ https://faperta.untirta.ac.id/ |
Daftar Isi:
- NUR FAIZAH, 2018. Intensi Wisatawan Terhadap Pembelian Produk Pangan Lokal Di Kawasan Wisata Anyer-Banten. Dibimbing oleh MEUTIA dan ANDJAR ASTUTI. Pariwisata hadir sebagai salah satu industri yang berpengaruh dalam hal peningkatan sektor ekonomi. Anyer merupakan salah satu lokasi wisata Banten yang dapat digunakan sebagai tempat untuk memperkenalkan serta mempromosikan jenis makanan produk pangan lokal Banten. Pangan lokal dapat dijadikan sebagai suatu ciri khas dari suatu daerah. Produk pangan lokal Banten yang tersedia atau dijual di kawasan wisata Anyer yaitu sate bandeng, emping, dan gipang. Penelitian ini menganalisis intensi pembelian produk pangan lokal Banten serta faktor-faktor yang mempengaruhi wisatawan dalam melakukan pembelian tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengidentifikasi karakteristik responden yang mengunjungi Kawasan Wisata Anyer. (2) Menganalisis intensi pembelian produk pangan lokal Banten pada wisatawan yang berkunjung ke Anyer. (3) Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap intensi pembelian produk pangan lokal Banten. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara non probability sampling dengan responden sebanyak 100 orang yang merupakan wisatawan dari luar Banten. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda untuk melihat pengaruh variabel sikap, norma subektif, perceived behavioral control (persepsi perilaku yang dikendalikan) dan sosio demografi terhadap intensi membeli wisatawan. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) sikap tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi membeli produk pangan lokal; (2) norma subjektif secara signifikan memberi pengaruh terhadap intensi membeli produk pangan lokal; (3) perceived behavioral control dan sosio demografi mempengaruhi secara signifikan terhadap intensi membeli produk pangan lokal. (4) Sumbangan variabel sikap, norma subjektif, perceived behavioral control, jenis kelamin dan usia terhadap variabel intensi membeli produk pangan lokal Banten adalah sebesar 59,5%.