PENGARUH FILM NLA TERHADAP SIKAP KARYAWAN (Survei Sikap Karyawan PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang Tentang Budaya 6S/6R)
Main Authors: | Safitri, Fawinda Eka, Mukhroman, Iman, Setyorini, Deviani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/219/1/SKRIPSI%20KOM%20-%20FAWINDA%20EKA%20SAFITRI%20-%202012.pdf http://eprints.untirta.ac.id/219/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Fawinda Eka Safitri. NIM. 072936. Skripsi. Pengaruh Film NLA dalam Mempengaruhi Sikap Karyawan (Survei Sikap Karyawan PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang Tentang Budaya 6S/6R) Sebagai perusahaan yang menggunakan media komunikasi audio visual film dalam mensosialisasikan budaya perusahaannya, PT. Indah Kiat Pulp & Paper mengalami perubahan sikap pada karyawannya mengenai budaya 6S/6R. Media komunikasi audio visual film yang digunakan adalah media komunikasi NLA (New Life Activity) yang disosialisasikan sejak tahun 2005. Perubahan sikap yang terjadi menjadikan landasan bagi penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh film NLA dalam mempengaruhi sikap karyawan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cultural norms theory (teori norma budaya), dimana media memiliki pengaruh secara potensial dalam menciptakan norma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sifat penelitian eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang, dengan menggunakan teknik penarikan sampel proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara media komunikasi audio visual : NLA dalam mempengaruhi sikap karyawan mengenai budaya 6S/6R sebesar 76,9%. Dengan pengaruh yang diberikan efektivitas media komunikasi audio visual terhadap sikap karyawan mengenai budaya 6S/6R yang diperoleh dari perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 59,2%. Apabila dilihat dari sikap yang terdiri dari dimensi kognitif, afektif dan konatif, sikap karyawan mengenai budaya 6S/6R sudah mencapai aspek konatif, dimana sebagian besar karyawan memiliki kecenderungan untuk menerapkan budaya 6S/6R tersebut. Untuk aspek kognitif (pengetahuan) dan afektif (perasaan) juga mendapatkan respon positif dari sebagian besar karyawan, terutama aspek kognitif (pengetahuan). Oleh karena itu peneliti menyarankan agar kelangsungan penggunaan film NLA harus tetap dipertahankan dan diperhatikan kualitasnya.