PENGARUH TERPAAN IKLAN TV AXIS VERSI “BERKAH BLAK-BLAKAN” TERHADAP MINAT MEMBELI KARTU PERDANA (Survey Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Untirta Angkatan 2008)

Main Authors: Ass-shiddiqi, Ferdy Pradana, Jaiz, Muhammad, Nesia, Andin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/218/1/SKRIPSI%20KOM%20-%20Ferdy%20Pradana%20Ass-shiddiqi%20-%202012.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/218/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Ferdy Pradana Ass-shiddiqi. NIM 6662072937. Skripsi “Pengaruh Terpaan Iklan TV AXIS Versi „Berkah Blak-Blakan‟ Terhadap Minat Membeli Kartu Perdana (Survey Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Untirta Angkatan 2008”. Iklan menjadi sebuah media untuk promosi dan menjadi sebuah pemanfaatan kemajuan elektronik pada sebuah kegiatan pemasaran suatu produk. AXIS memanfaatkan iklan televisi untuk mempromosikan dan mempersuasifkan produknya kepada khalayak dengan tema yang berbeda dari operator lain. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana terpaan iklan AXIS versi “Berkah Blak-Blakan” dapat mempengaruhi minat membeli kartu perdana pada mahasiswa ilmu komunikasi FISIP Untirta angkatan 2008. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan TV AXIS versi “Berkah Blak-Blakan” di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Untirta angkatan 2008 terhadap minat membeli kartu perdana AXIS. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decission, Action). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini bersifat eksplanatif. Data dikumpulkan dari hasil kuesioner dan dokumentasi. Pada sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa ilmu komunikasi FISIP Untirta angkatan 2008 yang aktif sebanyak 67 mahasiswa. Pada hasil penelitian ini menggunakan analisis korelasi Perason’s Product Moment menunjukan terdapat yang sangat kuat, positif dan signifikan antara terpaan iklan TV AXIS versi “Berkah Blak-Blakan” dengan minat membeli kartu perdana pada mahasiswa ilmu komunikasi FISIP Untirta angkatan 2008 sebesar 0,834. Kemudian perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,695 atau sama dengan 69,5% sehingga dapat dijelaskan bahwa sebesar 69,5% pembentukan minat membeli yang terjadi dapat dipengaruhi oleh terpaan iklan. Terpaan iklan TV AXIS versi “Berkah Blak-Blakan” menunjukan frekuensi, durasi dan intensitas yang cukup kuat menerpa menerpa mahasiswa ilmu komunikasi FISIP Untirta angkatan 2008. Minat membeli kartu perdana AXIS pada mahasiswa ilmu komunikasi FISIP Untirta angkatan 2008 dilihat dari kognitif dan afektif adalah tinggi, sedangkan pada tahap behaviouradalah cukup tinggi. Sebesar 69,5% pada minat membeli kartu perdana yang terjadidapat dipengaruhi oleh terpaan iklan sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain.Peneliti merekomendasikan agar penelitian selanjutnya melakukan penelitian tentang terpaan iklan selain dari media televisi, selain itu peneliti menyarankan kepada pihak AXIS agar tidak hanya melakukan promosi melalui iklan saja, namun melakukan bauran promosi komunikasi pemasaran yang lain. Kata kunci: Terpaan Iklan, Minat Membeli.