PENGARUH IKLAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN DI RADAR BANTEN TERHADAP TINGKAT KOGNITIF MASYARAKAT KOTA SERANG (Studi Korelasi Iklan Surat Pemberitahuan Tahunan di Radar Banten dan Tingkat Kognitif Masyarakat Pelanggan Radar Banten di Lingkungan Sumur Gede Kota Serang)
Main Authors: | Rachman, Raditya, Mukhroman, Iman, Restu, Uliviana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/209/1/SKRIPSI%20KOM%20-%20RADITYA%20RACHMAN%20-%202011.pdf http://eprints.untirta.ac.id/209/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Raditya Rachman/ 061597/ Pengaruh Iklan Surat Pemberitahuan Tahunan Terhadap Tingkat Kognitif Masyarakat Kota Serang/ Studi Korelasi Iklan Surat Pemberitahuan Tahunan dan Tingkat Kognitif Masyarakat Pelanggan Radar Banten di Lingkungan Sumur Gede Kota Serang/ Program Studi Ilmu Komunikasi/ Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/ Universitas Sultan Ageng Tirtayasa/ 2010. Iklan surat pemberitahuan tahunan merupakan salah satu cara untuk menyebarkan informasi kebijakan organisasi yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jendral kepada publik eksternalnya, yaitu masyarakat Kota Serang Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan oleh masyarakat Kota Serang. Efektifitas penyampaian informasi dapat dilakukan dengan memilih saluran komunikasi yang ditujukan kepada khalayak. Saluran komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi massa, karana pesan yang ditujukan kepada khalayak. Komunikasi massa merupakan penyampaian pesan melalui media kepada khalayak. Dengan terpenuhinya kebutuhan informasi masyarakat Kota Serang, maka akan tercapai peningkatan kognitif tentang surat pemberitahuan tahunan. Kebutuhan kognitif tersebut terdiri dari persepsi, ingatan dan berpikir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh iklan surat pemberitahuan tahunan terhadap persepsi, ingatan dan tingkat kognitif masyarakat lingkungan Sumur Gede Kota Serang. Metode yang digunakan dlam penelitian ini adalah studi korelasi yang melibatkan variabel bebas yaitu iklan surat pemberitahuan tahunan di Radar Banten dan variabel terikat yaitu tingkat kognitif masyarakat Kota Serang. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak sebanyak 56 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyampaian pesan pada iklan surat pemberitahuan tahunan di Radar Banten berlangsung dengan baik. Hal tersebut dapat diketahui dengan terjadinya peningkatan persepsi, ingatan dan kognitif masyarakat di lingkungan Sumur Gede Kota Serang. Proses penyampaian pesan iklan surat pemberitahuan tahunan di Radar Banten dapat memberikan pengaruh terhadap tingkat kognitif masyakat Kota Serang.