STRATEGI KOMUNIKASI ”RUANGRUPA” DALAM MEMBANGUN JARINGAN KOMUNITAS SENI DI LUAR NEGERI

Main Authors: Fazriah, Fitriani, Afrilla, Naniek, Widyastuti, Nurprapti Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/196/1/SKRIPSI%20KOM%20-%20FITRIANI%20FAZRIAH%20080410.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/196/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Fitriani Fazriah, 080410. 2012. Tim Pembimbing : Naniek Afrilla F, S.Sos., M.Si. selaku dosen pembimbing pertama dan Nurprapti Wahyu Widyastuti, M.Si. selaku dosen pembimbing kedua. Judul penelitian : Strategi komuniksi “ruangrupa” dalam membangun jaringan komunitas seni di luar negeri. “ruangrupa” hadir di tengah masih sangat minim ruang pamer yang bersifat non komersil di Jakarta, ia menjelma sebagai organisasi nirlaba yang berusaha untuk mendukung kemajuan gagasan seni dalam konteks urban dan lingkup yang lebih besar dari kebudayaan, dengan cara pameran, festival, laboratorium seni, lokakarya, penelitian, dan publikasi jurnal. Banyaknya apresiasi tidak lantas membuat “ruangrupa” mampu hidup nyaman di dalam negeri, itulah sebabnya “ruangrupa” membangun jaringan ke luar negeri agar dapat memberikan ruang gerak lebih luas kepada para seniman. Terkait dengan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh “ruangrupa”. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini dengan mengacu pada konsep yang dikemukan oleh Anwar Arifin adalah bagaimana analsisi khalayak, strategi pesan, strategi metode penyampain pesan serta strategi seleksi dan penggunaan media yang digunakan oleh “ruangrupa” dalam membangun jaringan komunitas seni di luar negeri. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, studi documenter dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang memilki informasi tentang bagaimana “ruangrupa” dapat membangun jarigan di luar negeri, diantaranya adalah direktur “ruangrupa”, direktur laboratorium “ruangrupa” dan divisi pengembangan dan penelitian “ruangrupa”. Peneliti berhasil mendapatkan data dan informasi tentang bagaimana jaringan tersebut dapat terbentuk dan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh “ruangrupa” untuk mendapatkan hal tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi “ruangrupa” dalam membangun jaringan dilakukan melalui beberapa tahapan strategi, (1) “ruangrupa” melakukan analisis khalayak dengan berdasarkan kepada kesamaan visi, misi serta fokus kerja dari organisasi atau individu yang akan dijadikan jaringan, (2) “ruangrupa” menyusun pesan dengan menggabungkan antara teks dan gambar yang disusun secara deduktif, induktif, kronologis dan topikal, (3) “ruangrupa” menyampaikan komunikasi dengan metode informatif, pengulangan, edukasi dan persuasif, (4) “ruangrupa” melakukan seleksi terhadap beberapa media baik eletronik, cetak dan online berdasarkan pada pertimbangan kelebihan serta kekurangan setiap media, adapun media yang digunakan oleh “ruangrupa” dalam rangka membangun jaringan komunitas seni di luar negeri diantaranya adalah majalah, Koran, katalog, poster, pamflet, video, film, radio, website, twitter dan facebook.