HUBUNGAN ANTARA PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MENGENAI JARINGAN KOMPUTER DAN KOMPETENSI SISWA SMK (Survey di Jurusan TKJ SMKN 1 Kota Serang)
Main Authors: | Nugroho, Dwi Adhi, Widyaningtyas, Mia Dwiana, Nursih, Isti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/188/1/SKRIPSI%20KOM%20DWI%20ADHI%20NUGROHO%20Hubungan%20Antara%20Perilaku%20Pencarian%20Informasi%20Mengenai%20Jaring.pdf http://eprints.untirta.ac.id/188/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Dwi Adhi Nugroho. NIM 6662072926. Skripsi. Hubungan Antara Perilaku Pencarian Informasi Mengenai Jaringan Komputer dan Kompetensi Siswa SMK (Survey dijurusan TKJ SMKN 1 Kota Serang). Kebutuhan akan informasi dirasakan akan terus bertambah bagi seseorang ketika ingin menutupi rasa ingin tahu dan rasa penasarannya. Seseorang merasa membutuhkan sumber-sumber lain diluar dirinya karena ia merasa bahwa tingkat pengetahuan yang dimilikinya masih kurang. Hal ini juga terjadi pada perilaku pencarian informasi para remaja yang sedang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK). Pada akhirnya perilaku Pencarian informasi yang dilakukan oleh siswa SMK ini berhubungan dengan Peningkatan/penurunan kompetensi mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara Perilaku Pencarian Informasi Jaringan dengan Kompetensi Siswa SMK. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Behaviorisme. Teori ini lebih menekankan pada tingkah laku manusia. Memandang individu sebagai makhluk reaktif yang memberi respon terhadap lingkungan, dan pengalaman akan membentuk perilaku mereka Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan 1 Kota Serang jurusan TKJ yang berjumlah 105 orang yang terbagi kedalam 3 kelas yang diambil secara sensus. Hasil penelitian dengan korelasi Pearson’s Product Moment menunjukkan hubungan yang cukup kuat, positif dan signifikan antara perilaku pencarian informasi jaringan dengan kompetensi siswa, yaitu sebesar 0,607 dengan nilai signifikansi Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Angka tersebut menunjukan angka korelasi yang kuat, signifikan dan searah. Dengan demikian semakin baik perilaku pencarian informasi jaringan yang dilakukan siswa maka semakin meningkat pula kompetensi mereka. Keywords: Perilaku, Pencarian Informasi, Jaringan, Kompetensi, Teori Behaviorisme